Saturday, March 20, 2010

Star: Adele

Adele Laurie Blue Adkins yang lebih dikenal sebagai Adele adalah seorang penyanyi dan penulis lagu rhythm and blue dan soul muda berbakat yang dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1988 di Enfield, London Utara. Dibesarkan oleh ibunya yang seorang Hippie dan bekerja sebagai penasehat untuk furnitur. Adele tak mengenal siapa ayahnya karena ayahnya tak pernah terlibat sedikitpun dalam kehidupannya. Adele mulai menyanyi saat berusia empat tahun dan menjadi sangat terobesi dengan hal tersebut.

Gaya menyanyi Adele yang dipengaruhi oleh dua idolanya, Etta James dan Ella Fitzgerald ini menampilkan penampilan pertamanya adalah menanyi untuk sekolahnya. Ia membawakan lagu Rise dari Gabrielle. Ibunya yang juga sama terobsesinya membuatkan pakaian yang justru malah membuatnya malu. Setelah lulus dari BRIT School di Croydon yang juga merupakan sekolah dari Amy Winehouse, Katie Melua, Leona Lewis dan Kate Nash, Adele mempublikasikan dua lagunya di PlatformsMagazine.com. Tapi itu bukan awal kariernya di dunia tarik suara, saat "Hometown Glory" di nyanyikan, saat itulah pintu kesuksesan terbuka. Singlenya makin terkenal setelah ia diluncurkan di MySpace.com.

Kemudian Ia mulai membuat pertunjukan kecil – kecilan di Inggris, dan melakukan tour bersama teman baiknya Jack Penate, Midon, Devandra Banhart, Amos Lee, Keren Ann dan band Exist. Tour pertama Adele ini pada bulan Oktober 2007. Kemudian Ia bergabung dengan XL Recordings yang merupakan independent label, dan pada bulan Januari 2008 dirilislah single “Chasing Pavements” yang ditulisnya bersama Eg White dan lagi- lagi kembali diterima dipasaran, bahkan sempat menempati tangga lagu kedua di UK Chart selama dua minggu. Lagu “Chasing Pavements” sempat menuai fenomena ketika lagu tersebut menerima sertifikat Broadcast Music Incorporated karena lagunya telah diputar mencapai lebih dari 3 juta kali di radio maupun di televisi.

Tepat pada tanggal 28 Januari 2008 album Adele yang bertajuk 19 dirilis dipasaran dengan single andalannya “Chasing Pavements”, “Hometown Glory”, “Make You Feel My Love” dan “Cold Shoulder” yang kesemua sempat berhasil merajai tangga lagu di benua Eropa.Musiknya yang dinamakan heartbroken soul mampu menembus dua negara terkemuka, Inggris dan Amerika. Saturday Night Live membuat dunia terkejut dengan menampilkan hasil penjualan albumnya di minggu pertama saja. Hingga 28 Januari 2009, penjualan albumnya mencapai angka 364.000 kopi dan albumnya mencapai peringkat lima di Amazon.com, peringkat dua di iTunes.Albumnya yang meledak di pasaran menjadi pergunjingan dunia talk show internasional seperti CBS Early Show, CBS News Sunday Morning, Late Night with Conan O'Brien,Late Late Show with Craig Ferguson, dan Jimmy Kimmel Live. Sampai Juli 2009 tercatat album tersebut telah mencapai angka penjualan sebanyak 2,2 juta kopi di seluruh dunia.

Adele dengan piala Grammy Award...



Adele tidak berhenti sampai disitu saja. Penghargaan demi penghargaan berhasil Adele raih, seperti, Brit Award untuk kategori Critic’s Choice Award, Urban Music Award untuk kategori Best Jazz Act, sampai bahkan tingkat prestisius macam Grammy Award. Adele berhasil masuk dalam 4 nominasi Grammy untuk kategori Record of the Year, Song of the Year, dan Best Pop Vocal Female Performance lewat lagu “Chasing Pavements” , serta masuk dalam kategori Best New Artist. Adele berhasil menyabet 2 penghargaan Grammy untuk kategori Best Pop Vocal Female Performance, mengalahkan Leona Lewis, Duffy, Pink, Katy Perry, dan Sara Bareilles, dan Best New Artist, mengalahkan Jonas Brothers, Duffy, Jazmine Sullivan, dan Lady Antebellum. Pada awal tahun 2010, Adele kembali berhasil masuk nominasi Grammy Award untuk kategori Best Pop Vocal Female Performance untuk lagu “Hometown Glory” dan juga sedang mempersiapkan album keduanya yang juga kembali berkolaborasi dengan Eg White dalam pembuatan lagunya.



Adele's Awards:



- BMI London Award: 2009 Award-Winning Songs ( Pop ) for "Chasing Pavements"

- Brit Award: Critic's Choice Award 2008

- European Border Breakers Award: Best Album for 19

- Grammy Award: Best New Artist

- Grammy Award: Best Pop Vocal Female Performance for "Chasing Pavements"

- Glamour Women of the Year Award: Best UK Solo Artist of the Year

- Urban Music Award: Best Jazz Act